Minggu, 09 Mei 2010

AIS - Automatic Identification System

AIS - Automatic Identification System

adalah sistem pelacakan jarak dekat pesisir digunakan pada kapal dan Layanan Lalu Lintas Kapal (VTS) untuk mengidentifikasi dan menemukan kapal oleh pertukaran data elektronik dengan kapal lainnya dan stasiun terdekat VTS. Informasi seperti identifikasi yang unik, posisi, kursus, dan kecepatan dapat ditampilkan pada layar atau ECDIS. AIS dimaksudkan untuk membantu petugas kapal itu watchstanding dan memungkinkan pihak berwenang maritim untuk melacak dan memantau gerakan kapal, dan mengintegrasikan sistem VHF transceiver standar seperti Loran-C atau Global Positioning penerima Sistem, dengan lain sensor navigasi elektronik, seperti gyrocompass atau gilirannya tingkat indikator.

Organisasi Maritim Internasional itu (IMO) Konvensi Internasional untuk Keselamatan Jiwa di Laut (SOLAS) membutuhkan AIS untuk dipasang menggunakan kapal voyaging internasional dengan tonase kotor (GT) atau lebih dari 300 ton, dan semua kapal penumpang tanpa ukuran. Diperkirakan bahwa lebih dari 40.000 saat ini membawa peralatan kapal kelas AIS A.

Kapal diluar jangkauan radio AIS dapat dilacak dengan Long Range Identifikasi dan Pelacakan (LRIT) sistem dengan transmisi kurang sering.

Apa ITU Sistem Identifikasi Otomatis (AIS)?

Gambar kapal layar radar, dengan overlay grafik data elektronik, yang mencakup tanda untuk setiap kapal yang signifikan dalam jangkauan radio, masing-masing seperti yang diinginkan dengan vektor kecepatan (menunjukkan kecepatan dan pos). Setiap Kapal "mark" dapat mencerminkan ukuran sebenarnya kapal, dengan posisi untuk GPS atau diferensial GPS akurasi. Dengan "mengklik" pada tanda kapal, Anda bisa belajar nama kapal, kursus dan kecepatan, klasifikasi, tanda panggil, nomor pendaftaran, MMSI, dan informasi lainnya. informasi Manuver, titik terdekat pendekatan (BPA), waktu ke titik terdekat dari pendekatan (TCPA) dan informasi navigasi lainnya, lebih akurat dan lebih tepat waktu dari informasi yang tersedia dari sebuah radar otomatis merencanakan bantuan, juga dapat disediakan. Tampilkan informasi sebelumnya tersedia hanya untuk Lalu Lintas Kapal modern pusat layanan operasi sekarang dapat tersedia untuk setiap kapal dilengkapi AIS. Gambar Layar radar Kapal, Grafik Artikel Baru overlay data Elektronik, Yang terkait masih berlangsung tanda untuk Artikel mencakup Kapal Yang signifikan radio dalam jangkauan, seperti masing-masing Artikel Baru Yang diinginkan menunjukkan vektor kecepatan (kecepatan Pos dan) "terkait masih berlangsung. Kapal" Bisa tanda ukuran sebenarnya mencerminkan Kapal, Posisi untuk Artikel Artikel Baru diferensial GPS GPS akurasi Danijel. Artikel Baru "mengklik" PADA tanda Kapal, nama dan Kembali Bisa Belajar Nama Kapal, Dan kecepatan kursus, klasifikasi, tanda panggil, Nomor Pendaftaran, MMSI dan Jaksa Informasi Informasi berbaring. Manuver, Titik terdekat pendekatan (BPA), waktu Ke Titik terdekat USING pendekatan (TCPA) dan Informasi Lainnya navigasi, akurat Dan lebih lebih tepat waktu USING tersedia Informasi Yang radar berlangganan My USING merencanakan bantuan otomatis, juga dapat disediakan Informasi. Gmail sebelumnya tersedia hanya untuk Artikel similar: pendekatan model modern Pusat Lalu Lintas Kapal liabilities sekarang dapat tersedia untuk Artikel terkait masih berlangsung-Kapal dilengkapi AIS.

Dengan informasi ini, Anda bisa memanggil kapal lebih dari telepon radio VHF dengan nama, bukan oleh "dari busur pelabuhan kapal saya" atau cara tidak tepat lainnya. Artikel Baru Informasi inisial, nama dan Kembali Bisa memanggil lebih Kapal telepon radio VHF Nama USING Artikel Baru, Dibuat untuk hubungi "USING busur Pelabuhan Kapal Saya" Cara Danijel tidak tepat Lainnya. Atau Anda bisa dial it up langsung menggunakan peralatan GMDSS. Danijel nama dan Kembali Bisa dial it up Langsung menggunakan building GMDSS. Atau Anda bisa mengirim ke kapal, atau menerima dari itu, pesan singkat email yang berhubungan dengan keselamatan. Danijel nama dan Kembali Ke Bisa Kapal mengirim, menerima USING Danijel ITU, keselamatan Kerja Yang berkaitan email pesan-singkat.

AIS adalah sistem siaran kapal yang bertindak seperti sebuah transponder, beroperasi pada band VHF maritim, yang mampu menangani lebih dari 4.500 laporan per menit dan update sesering setiap dua detik. Menggunakan Self-Organizing Time Division Multiple Access (SOTDMA) teknologi untuk memenuhi tingkat siaran tinggi dan memastikan operasi kapal-ke-kapal yang handal. AIS adalah sistem Siaran Kapal Yang bertindak seperti berlangganan My transponder, beroperasi VHF band PADA Maritim, Yang mampu menangani lebih USING 4,500 update kurs kembali per menit sesering Dan doa Detik terkait masih berlangsung. Menggunakan Self-Organizing Time Division Multiple Access (SOTDMA) Teknologi untuk Artikel memenuhi tingkat Siaran Tinggi Dan Handal Yang memastikan liabilities Kapal-ke-Kapal.

Aplikasi dan keterbatasan

Menghindari tabrakan

AIS digunakan dalam navigasi terutama untuk menghindari tabrakan. Karena keterbatasan komunikasi radio VHF, dan karena tidak semua kapal dilengkapi dengan SIA, sistem ini dimaksudkan untuk digunakan terutama sebagai sarana mencari dan menentukan risiko tabrakan dan bukan sebagai suatu sistem menghindari tabrakan otomatis, sesuai dengan Peraturan Internasional Pencegahan Tabrakan di Laut (COLREGS).
Sebuah kapal AIS hanya menampilkan teks, daftar rentang kapal dekat ', bantalan, dan nama

Ketika sebuah kapal navigasi di laut, gerakan dan identitas kapal lain di sekitarnya sangat penting untuk navigator untuk membuat keputusan untuk menghindari tabrakan dengan kapal lainnya dan bahaya (dangkal atau batu). Pengamatan visual (tanpa bantuan, teropong, night vision), pertukaran audio (peluit, tanduk, VHF radio), dan radar atau Automatic Radar Plotting Aid (ARPA) yang secara historis digunakan untuk tujuan ini. Namun, kurangnya identifikasi positif dari target pada display, dan waktu keterlambatan dan keterbatasan lain radar untuk mengamati dan menghitung tindakan dan respon dari kapal sekitar, terutama di perairan sibuk, kadang-kadang mencegah aksi mungkin pada waktunya untuk menghindari tabrakan.

Sementara persyaratan AIS hanya untuk menampilkan informasi teks yang sangat dasar, data yang diperoleh dapat diintegrasikan dengan grafis grafik elektronik atau layar radar, memberikan informasi navigasi konsolidasi pada layar tunggal.
Vessel traffic services
Di perairan sibuk dan pelabuhan, sebuah kapal lokal Traffic Service (VTS) mungkin ada untuk mengatur lalu lintas kapal. Di sini, AIS memberikan kesadaran lintas tambahan dan menyediakan layanan informasi mengenai jenis kapal lain dan gerakan mereka.

Bantuan untuk navigasi

AIS dikembangkan dengan kemampuan untuk menyiarkan posisi dan nama benda lain dari kapal, seperti bantuan navigasi dan posisi spidol. Bantuan ini dapat terletak di pantai, misalnya di dalam mercusuar, atau pada air, pada platform atau pelampung. US Coast Guard menunjukkan bahwa SIA akan menggantikan RACON, atau radar beacon, saat ini digunakan untuk alat bantu navigasi elektronik.

Kemampuan untuk menyiarkan posisi bantuan navigasi juga menciptakan konsep sintetik AIS dan Virtual AIS. Dalam kasus pertama, transmisi SIA menggambarkan posisi penanda fisik tapi sinyal itu sendiri berasal dari pemancar yang terletak di tempat lain. Sebagai contoh, sebuah stasiun pangkalan di-pantai bisa siaran posisi sepuluh saluran penanda mengambang, yang masing-masing terlalu kecil untuk mengandung pemancar itu sendiri. Dalam kasus kedua, itu dapat berarti transmisi AIS yang menunjukkan tanda yang tidak ada secara fisik, atau kekhawatiran yang tidak terlihat (batuan terendam yaitu, atau sebuah kapal hancur). Meskipun bantuan virtual tersebut hanya akan terlihat oleh AIS dilengkapi kapal, biaya rendah mempertahankan mereka dapat menyebabkan penggunaan mereka ketika penanda fisik tidak tersedia.
Search and rescue
Untuk sumber daya koordinasi di lokasi pencarian laut dan operasi penyelamatan, adalah penting untuk mengetahui posisi dan status navigasi kapal di sekitar kapal atau orang dalam kesulitan. Di sini SIA dapat memberikan informasi tambahan dan kesadaran akan sumber daya untuk operasi adegan, meskipun rentang AIS terbatas untuk rentang radio VHF. Standar SIA juga membayangkan kemungkinan penggunaan pesawat SAR, dan termasuk pesan (AIS Pesan 9) untuk melaporkan posisi pesawat. Untuk bantuan kapal SAR dan pesawat untuk menemukan orang-orang dalam kesulitan standar untuk SIA-Sart AIS Search and Rescue Transmitter sedang dikembangkan oleh International Electrotechnical Commission (KIE), standar dijadwalkan akan selesai pada akhir 2008 dan AIS -SARTs akan tersedia di pasar mulai tahun 2009.

Penyelidikan Kecelakaan

AIS informasi yang diterima oleh VTS adalah penting bagi penyelidikan kecelakaan untuk menyediakan waktu akurat, identitas, posisi oleh GPS, kompas pos, tentu saja di atas tanah (COG), Speed (dengan log / SOG), dan laju putar (ROT) dari kapal yang terlibat untuk analisis kecelakaan, bukan informasi terbatas (posisi, COG, SOG) radar echo oleh radar.

Informasi manuver peristiwa kecelakaan itu adalah penting untuk memahami gerakan yang sebenarnya dari kapal sebelum kecelakaan, terutama untuk tabrakan, grounding kecelakaan.

Sebuah gambaran yang lebih lengkap tentang acara ini bisa diperoleh dari Voyage Data Recorder (VDR) data jika tersedia dan onboard dipelihara untuk rincian gerakan kapal, komunikasi suara dan gambar radar selama kecelakaan. Namun, data VDR tidak dipertahankan karena penyimpanan 12 jam dibatasi oleh persyaratan IMO.
Pesan biner

Saint Lawrence terusan yg berhubung dgn laut menggunakan pesan biner AIS (jenis pesan 8) untuk memberikan informasi mengenai tingkat air, perintah kunci, dan cuaca dalam sistem navigasi tersebut. Terusan Panama menggunakan pesan biner AIS (pesan tipe 8) untuk memberikan informasi tentang hujan sepanjang Canal dan angin di kunci.

Komputer & jaringan

Beberapa program komputer telah dibuat untuk digunakan dengan data SIA. Beberapa program (seperti ShipPlotter dan gnuais) menggunakan komputer untuk mendemodulasi audio mentah dari sebuah telepon radio diubah VHF laut ketika disetel ke frekuensi siaran AIS (Channel 87 & menjadi data AIS) 88. Beberapa program dapat kembali mengirimkan informasi AIS ke jaringan lokal atau global yang memungkinkan pengguna umum atau berwenang untuk mengamati lalu lintas kapal dari web. Beberapa program AIS menampilkan data yang diterima dari penerima AIS didedikasikan ke komputer atau chartplotter. Kebanyakan program ini tidak pemancar AIS, sehingga mereka tidak akan menyiarkan posisi kapal Anda, tetapi dapat digunakan sebagai alternatif murah untuk kapal-kapal kecil untuk membantu bantuan navigasi dan menghindari tabrakan dengan kapal yang lebih besar yang diperlukan untuk menyiarkan posisi mereka. Kapal penggemar juga menggunakan receiver untuk melacak dan menemukan kapal untuk menambah koleksi foto mereka.

AIS data di Internet

AIS data posisi yang tersedia di Internet melalui banyak sistem informasi geografis pribadi dioperasikan. Pada bulan Desember 2004, Organisasi Maritim Internasional (IMO) Komite Keselamatan Maritim mengutuk publikasi data internet AIS sebagai berikut: [3]

Sehubungan dengan masalah sistem identifikasi otomatis tersedia secara bebas (AIS)-dihasilkan data kapal di web di seluruh dunia, publikasi di web seluruh dunia atau di tempat lain data AIS dikirim oleh kapal-kapal dapat merusak keselamatan dan keamanan kapal dan fasilitas pelabuhan dan merongrong upaya Organisasi dan perusahaan Negara Anggota untuk meningkatkan keselamatan navigasi dan keamanan di sektor transportasi maritim internasional.
Range limitations and space-based tracking

AIS kapal transponder memiliki rentang horizontal yang sangat bervariasi, tetapi biasanya hanya sekitar 74 kilometer (46 mil). Mereka mencapai lebih jauh secara vertikal, sampai dengan orbit 400 km dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Pada bulan November 2009, STS-129 misi ulang alik ruang dilampirkan dua antena - sebuah AIS VHF antena, dan antena Radio Amatir ke modul Columbus dari ISS. Kedua antena dibangun di kerjasama antara ESA dan tim ARISS (Radio Amatir pada ISS). Mulai dari bulan Mei 2010, European Space Agency sedang menguji dua AIS penerima yang berbeda dalam rangka demonstrasi teknologi untuk memantau kapal berbasis-angkasa. Ini adalah langkah pertama menuju layanan SIA-pemantauan berbasis satelit. [4]

Pada tahun 2008, ORBCOMM meluncurkan orbit rendah bumi baru (LEO) satelit, dilengkapi dengan kemampuan untuk mengumpulkan data AIS. Selain itu, ORBCOMM telah memasukkan kemampuan untuk menerima, mengumpulkan dan maju AIS data dalam desain berikutnya 18 ORBCOMM Generasi 2 (0G2) satelit dalam pengembangan. Sebagai tambahan satelit yang diluncurkan, ORBCOMM akan meningkatkan kemampuan dengan menyediakan redundansi yang lebih besar dan lebih sering update data AIS.

Pada tahun 2007, tes sebelumnya AIS ruang berbasis pelacakan oleh satelit AS TacSat-2 menderita dari korupsi sinyal karena banyak AIS sinyal mengganggu satu sama lain.

How AIS works

Basic overview

AIS transponder secara otomatis siaran informasi, seperti posisi mereka, kecepatan, dan status navigasi, secara berkala melalui pemancar VHF dibangun ke transponder. Informasi yang berasal dari sensor navigasi kapal, biasanya navigasi global sistem satelit (GNSS) penerima dan gyrocompass. informasi lain, seperti nama kapal dan tanda panggilan VHF, diprogram ketika menginstal peralatan dan juga ditularkan secara teratur. Sinyal yang diterima oleh AIS transponder dipasang pada kapal lain atau pada sistem berbasis tanah, seperti sistem VTS. Informasi yang diterima dapat ditampilkan pada layar atau plotter grafik, yang menunjukkan posisi kapal lain 'di banyak dengan cara yang sama sebagai display radar.
Standar AIS menjelaskan dua kelompok utama unit AIS:

* Kelas A - diamanatkan untuk digunakan pada kapal SOLAS Bab V (, dan lainnya di beberapa negara).
* Kelas B - daya rendah, biaya lebih rendah derivatif untuk bersantai dan pasar non-SOLAS.

varian lainnya sedang dalam pengembangan khusus untuk base station, alat bantu untuk navigasi dan pencarian dan penyelamatan, meskipun mereka semua akan berasal dari salah satu standar yang ada dan antar-sama dengan mereka.
Jenis pesan

Ada 26 jenis pesan mampu menjadi dikirim oleh transponder AIS
Broadcast information
AIS transceiver mengirimkan data sebagai berikut setiap 2 sampai 10 detik tergantung pada kecepatan kapal ketika berlangsung, dan setiap 3 menit sewaktu di jangkar kapal. Data ini meliputi:

* The Maritim Mobile Service Identity (MMSI) - nomor identifikasi unik sembilan digit.
* Navigasi status - "di jangkar", "dalam cara menggunakan mesin (s)", "tidak di bawah komando", dll
* Tingkat turn - kanan atau kiri, 0-720 derajat per menit
* Kecepatan di atas tanah - 0,1-simpul (0,19 km / h) resolusi 0-102 knot (189 km / h)
* Posisi akurasi:
o Bujur - untuk 1 / 10000 menit
o Lintang - untuk 1 / 10000 menit
* Kursus atas tanah - 0,1 relatif ke utara yang benar untuk gelar
* Benar Pos - 0-359 derajat dari misalnya. kompas giro
* Sisa cap - waktu UTC akurat untuk terdekat kedua ketika data-data yang dihasilkan
Selain itu, data berikut ini disiarkan setiap 6 menit:

* IMO kapal nomor identifikasi - nomor tujuh digit yang tetap tidak berubah pada saat pemindahan dari pendaftaran kapal ke negara lain
radio * Radio tanda panggil - tanda panggilan internasional, sampai dengan tujuh karakter, ditugaskan untuk kapal menurut negara atas registri
* Nama - 20 karakter untuk mewakili nama kapal
* Jenis kapal / kargo
* Dimensi kapal - untuk terdekat meter
* Lokasi (misalnya GPS) antena sistem onboard posisi kapal
* Jenis positioning system - seperti GPS, DGPS atau Loran-C
* Draught kapal - 0,1 meter menjadi 25,5 meter
* Tujuan - max 20 karakter
* ETA (perkiraan waktu kedatangan) di tempat tujuan - UTC bulan / tanggal jam: menit.

Detil Deskripsi: Kelas B unit

Kelas B transponder dirancang untuk pengangkutan dengan kapal sub-SOLAS. Masing-masing terdiri dari satu pemancar VHF, dua VHF CSTDMA penerima, salah satunya adalah multiplexing dengan VHF Digital Selektif Calling (DSC) penerima, dan antena GPS aktif. Meskipun mendukung format data output pos informasi, dalam satuan umum tidak dihubungkan ke kompas, sehingga data-data ini jarang dikirim. Output adalah SIA standar di 38400bps data stream, seperti RS232 dan / atau format NMEA. Untuk mencegah overloading dari bandwidth yang tersedia, daya transmisi dibatasi untuk 2W, memberikan berbagai sekitar 5-10 mil.

Pada saat penulisan (November 2009) hampir semua unit Kelas B menggunakan papan dari Software Radio Teknologi (SRT). Pengecualian ini adalah Furuno dan AMEC.
Pesan 14: Keselamatan Pesan Terkait

Pesan ini ditransmisikan pada permintaan pengguna - beberapa transponder memiliki tombol yang memungkinkan untuk dikirim, atau dapat dikirim melalui antarmuka perangkat lunak. Ini mengirim pesan keselamatan yang telah ditetapkan.
Pesan 18: Kelas Standar B CS Posisi Laporan

Pesan ini akan dikirim setiap 3 menit di mana Kecepatan lebih Ground (SOG) adalah kurang dari 2 knot, atau setiap 30 detik untuk kecepatan yang lebih besar.
MMSI, Waktu, SOG, COG, Bujur, Latitude, True Position.
Pesan 19: Kelas B Extended Peralatan Laporan Posisi

Pesan ini dirancang untuk protokol SOTDMA, dan terlalu panjang untuk dikirim sebagai CSTDMA. Namun sebuah stasiun pantai dapat polling transponder untuk pesan ini akan dikirim.

MMSI, Waktu, SOG, COG, Bujur, Latitude, True Pos, jenis Kapal, Dimensi.
Pesan 24: B Kelas CS Statis Data Laporan

Pesan ini dikirimkan setiap 6 menit, interval waktu yang sama seperti untuk Kelas A transponder. Karena panjangnya, pesan ini dibagi menjadi dua bagian, dikirim dalam satu menit satu sama lainnya.

Catatan bahwa pesan ini didefinisikan setelah spesifikasi AIS asli, sehingga beberapa kelas A unit mungkin perlu upgrade firmware untuk dapat membaca sandi pesan ini.
MMSI, Perahu Nama, Tipe Kapal, Call Sign, Dimensi, dan vendor Peralatan ID












NAME : ANDHIKA RIYANDHANI
NRP : 08.4831/N
CLASS : NAUTICA IV A
MERCHANT MARINE HIGHER EDUCATION AND TRAINNING INSTITUTE
JAKARTA - INDONESIA

1 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA TAK LUPA MENGUCAPKAN PUJI SYUKUR KEPADA ALLAH S,W,T
    dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor yang AKI
    beri 4 angka [7978] alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus .
    dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
    ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu KI. insya
    allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
    kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
    sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka PASANG NOMOR
    yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi KI JAYA,,di no (((085-321-606-847)))
    insya allah anda bisa seperti saya…menang NOMOR 750 JUTA , wassalam.

















    BalasHapus